5 Tips Dekorasi Ruangan Menyambut Perayaan Hari Raya

#Jualan HPL 5 Tips Dekorasi Ruangan Menyambut Perayaan Hari Raya

Dekorasi Ruang5 Tips Dekorasi Ruangan Menyambut Perayaan Hari Raya Menjelang perayaan Hari besar keagaaman biasanya kita akan mengubah desain interior rumah kita dengan pernak-pernik yang sesuai dengan perayaan tersebut. Misalnya menjelang Lebaran, Natal & Tahun Baru, Imlek, Galungan & Kuningan ataupun hari besar lainnya. Apalagi jika di rumah kita mengadakan open house dan banyak dikunjungi oleh tamu-tamu maupun sanak family ketika perayaan hari besar keagamaan tersebut, maka sudah menjadi keharusan apabila kita mendekor rumah kita sedemikian rupa agar memberikan nuansa perayaan hari besar keagamaan yang sedang berlangsung tersebut.

Tidak perlu mengubah terlalu banyak dari desain interior yang sudah ada, juga tak perlu membeli banyak pernak-pernik tambahan agar suasana rumah kita berkesan sedang menyambut suatu perayaan tertentu. Ruangan yang sangat significant untuk didekor terutama adalah ruang tamu. Ada 5 element di ruang tamu yang dapat kita beri sentuhan re-design, yaitu:

1. Sofa

SofaSofa menjadi point of view dari ruang tamu, untuk itu fokuskan desain pada sofa di ruang tamu Anda. Beri tambahan taplak penutup sofa sesuai warna tertentu, misalnya untuk menyambut natal, gunakan warna merah dan hijau, menyambut imlek gunakan warna merah terang atau merah maroon. Apabila menggunakan taplak penutup bermotif, pilih motif yang sesuai. Misalnya motif naga, motif gmbar ketupat dan sebagainya.

Anda juga dapat menyesuaikan bantal sofa dengan warna dan motif taplak sofa yang Anda pilih.

2. Meja Tamu

Meja TamuMeja tamu biasanya menggunakan taplak meja yang disesuaikan dengan taplak sofa dan bantal sofa. Hiasan di atas meja sofa dapat dipilih hiasan yang unik sesuai dengan tema perayaan Hari Besar Keagamaan. Misalnya ketika Lebaran, dapat diletakkan kue-kue khas lebaran, rangkaian bunga + hiasan ketupat. Ketika menyambut Natal dapat dihias dengan tumpukan cup cake menyerupai pohon natal, setiap bagian cup cake dihias sesuai dengan ornamen natal tertentu, cup cake pohon natal ini dapat menjadi hidangan bagi para tamu. Untuk menyambut Imlek meja tamu dihias dengan replika barong sai atau rangkaian bunga Mei Hwa (atau sering disebut bunga Sakura dari Jepang) yang diberi gantungan ang pao mini dan lampion mini.

Sebaiknya tidak meletakkan terlalu banyak hiasan dan ornamen di meja tamu agar tidak terkesan berantakan. Apabila desain interior Anda minimalis, Anda tetap dapat menampilkan sisi desain minimalis dengan kreatif membuat rangkaian bunga dan ornamen penghias meja tamu Anda.

3. Rangkaian Bunga

Rangkaian BungaSuatu perayaan Keagamaan biasanya identik menggunakan bunga atau tanaman tertentu. Kita bisa membuat rangakaian bunga sebagai Hias ruang dan diletakkan baik di meja tamu maupun di sudut ruang sebagai daya tarik ruang.

Untuk perayaan imlek biasanya identik dengan bunga Mei Hwa (bunga sakura), Natal identik dengan pohon cemara, ketika Lebaran pun dapat dibuat rangkaian ketupat yang disusun sedemikian rupa, atau ketika Galungan dapat diletakkan susunan buah aneka warna (atau biasa disebut Gebogan) yang di letakkan di suatu sudut ruang.

4. Lampu

Lampu InteriorPenerangan dapat sangat membantu memberikan atmosfer suatu perayaan Hari Besar Keagamaan. Tambahkan lampu-lampu kecil kerlap-kerlip (yang beragam warna maupun yang satu warna) di suatu sudut ruangan yang ingin Anda tonjolkan. Anda juga dapat meletakkan beberapa lampion besar berwarna merah di beberapa sudut plafond untuk memberikan nuansa Imlek yang megah.

5. Hiasan/Ornamen

Hiasan InteriorSebaiknya berhati-hati menata dan memajang hiasan atau ornamen di rak atau lemari pajangan di ruang tamu Anda. Sebaiknya jangan meletakkan terlalu banyak pernak-pernik yang membuat ruangan Anda tampak seperti timbunan barang-barang. Pilih ornamen/hiasan yang benar-benar tepat dan harmonis untuk diletakkan di rak pajang tersebut. Perhatikan fokus desain yang ingin ditampilkan, karena apabila semua sudut ruangan dihias dengan meriah maka malah dapat membuat runagan tampak rimbun dan kurang terkonsep.

Baca Juga : Menggunakan Motif Garis Untuk Menghias Ruang

Ikuti Kami Di:

instagram : @splendor_id
YOUTUBE : Splendor Decorative
FACEBOOK : Splendor Decorative

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Decorative Laminates

%d blogger menyukai ini: